Dengan Servis Hingga Netting berikut Teknik Dasar Untuk Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Pasalnya, cabor ini sering kali menjadi penyumbang medali di turnamen-turnamen multievent berskala internasional.

Diinfokan dari modul legal Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan (Kemdikbud), pemain bulu tangkis mengaplikasikan raket dan shuttlecock sebagai peralatan utama. Olahraga ini umumnya dimainkan oleh dua atau empat orang yang saling berhadapan.

Secara harfiah, bulu tangkis terdiri atas dua kata, adalah “bulu” dan “tangkis”. Istilah “bulu” diterapkan sebab bola dalam permainan ini terbuat dari bulu angsa, sementara “tangkis” membuktikan inti gerakan yang menuntut pemain untuk menangkis shuttlecock dari lawan.

Terdapat lima nomor perlombaan yang sering kali diperlombakan dalam turnamen badminton bergengsi. Kelima nomor tersebut adalah tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Seseorang perlu merajai sejumlah slot server thailand no 1 teknik dasar sebelum bermain bulu tangkis, mulai dari servis, lob, smash, dropshot, drive dan netting. Simak penjelasan mengenai teknik dasar permainan bulu tangkis pada halaman selanjutnya!

1. Servis
Servis merupkan pukulan yang menandai permulaan permainan dalam olahraga bulu tangkis. Servis bisa dilaksanakan dengan memberi bimbingan shuttlecock ke bagian kiri, kanan, depan, ataupun belakang pemain yang dihadapi.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa shuttlecock saat servis sebaiknya tak diletakkan pada posisi tanggung atau ideal di depan lawan. Selain ini bakal memudahkan pemain oposisi untuk melancarkan serangan dan mematikan pergerakan.

Keadaan itu, shuttlecock juga tak boleh dipengang dengan ketinggian lebih dari 115 cm saat melaksanakan servis. Ketika itu akan dihitung sebagai pelanggaran oleh wasit, sehingga nilai pada rally tersebut menjadi milik lawan.

Terdapat sejumlah jenis servis dalam olahraga bulu tangkis, seperti servis pendek, servis panjang, dan flick serve. Servis pendek bisa dipraktikkan dalam permainan ganda atau tunggal. Servis panjang lebih banyak diterapkan oleh pemain tunggal, sementara flick serve sering kali dimanfaatkan untuk mengecoh lawan dalam permainan ganda.

2. Lob
Lob adalah teknik pukulan dalam olahraga bulu tangkis yang memungkinkan shuttlecock untuk terbang setinggi mungkin dan mendarat di bagian belakang bidang permainan lawan. Pukulan jenis ini umumnya adalah strategi untuk membuat lawan cepat lelah.

Diinfokan berkeinginan melaksanakan pukulan lob, pastikan badan berdiri dengan rileks. Tempatkan tubuh di belakang shuttlecock dengan satu kaki berada di depan. Letakkan tumpuan berat badan pada kaki bagian belakang. Pukul shuttlecock dengan mengayunkan raket ke arah depan bagian atas. Lanjutkan gerakan dengan meluruskan tangan sepenuhnya.

3. Smash
Smash adalah pukulan yang dilaksanakan dengan sekuat kekuatan dari posisi atas, sehingga shuttlecock menukik di bawah bidang permainan lawan. Teknik dasar ini umumnya dimanfaatkan untuk mematikan pergerakan dan mengambil nilai.

Diinfokan dari modul legal Kemdikbud, pemain perlu mempunyai kekuatan otot kaki, bahu, dan lengan; fleksibilitas pergelangan tangan; serta koordinasi gerak yang harmonis saat berkeinginan mempraktikkan teknik dasar smash.

Gerakan smash bisa dilaksanakan dalam posisi berdiri, membisu, atau sambil meloncat. Terdapat sejumlah jenis smash dalam permainan bulu tangkis, seperti smash penuh, smash potong, backhand smash, dan smash melingkat di atas kepala.

4. Dropshot
Dropshot adalah pukulan yang dilaksanakan dengan menempatkan bola tipis di dekat net bidang permainan lawan. Hampir sama dengan smash, pukulan jenis ini juga dimaksudkan untuk menyerang. Perbedaannya terletak pada kekuatan yang dikeluarkan saat melaksanakan pukulan.

Diinfokan dari modul legal Kemdikbud, smash umumnya dilaksanakan dengan kekuatan penuh, sementara dropshot hanya dipraktikkan dengan dorongan. Dropshot dikatakan ideal kalau shuttlecock jatuh dekat net dan tak melebihi garis ganda.

Pukulan dropshot akan makin mematikan kalau disertai dengan gerak tipu yang mengecoh lawan. Teknik ini sering kali diterapkan dalam permainan ganda di turnamen-turnamen bulu tangkis berskala internasional.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *