Olahraga yang Nggak Populer di Indonesia Melainkan Populer di Negara Lain

Sebagai negara yang kaya akan jumlah penduduk, Indonesia telah melahirkan sejumlah atlet yang menjadi kampiun di persaingan-persaingan level dunia. Sebagai figur, baru-baru ini, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir sukses meraih medali emas untuk cabang bulutangkis di Olimpiade Rio 2016. Hasilnya, nama Indonesia pun kian mendongkrak di mata dunia olahraga.

Selain bulutangkis yang telah mendarah daging di keseharian masyarakat Indonesia, olahraga mainstream lain, seperti sepakbola, bola basket, dan bola voli juga kerap dimainkan di gedung olahraga maupun halaman rumah. Walaupun demikian, masih ada banyak cabang olahraga yang amat jarang diraba oleh Indonesia tetapi telah populer di negara lain, lho. Inilah 5 macam olahraga tersebut.

Rugby merupakan olahraga yang amat terkenal di Inggris dan pertama kali dipersembahkan di abad ke 19. Asal mula terbentuknya olahraga ini juga amat lucu, dimana seorang mahasiswa asal Inggris bernama William Webb Ellis pun membawa bola dengan tangan dikala bermain sepakbola ke arah gawang lawan.

Sebuah tim Rugby terdiri dari 15 orang dan akan bermain selama 4 ronde, dengan masing-masing ronde berdurasi 15 menit. Pemain sepatutnya mencetak skor dengan menendang, membawa, atau melempar bola melewati garis gawang lawan.

Apabila sukses dengan sistem membawa, tim slot online 777 akan mencetak 5 skor. Sementara seandainya bola melewati gawang dengan ditendang, tim akan menerima 2 skor. Tendangan pinalti dan lemparan bernilai 3 skor.

Sesudah sukses mencetak skor, tim masih bisa menerima 2 skor tambahan seandainya sukses merebut bola dari tim lawan sebelum tim lawan bisa mencetak skor. Tim lawan sepatutnya mencoba merebut bola dengan sistem menabrak, men-tackle, atau menjatuhkan si pemegang bola.

Olahraga ini diketahui amat barbar karena hukumnya, apalagi para pemain nggak memakai pelindung badan apapun lho selain mouth guard.

Karena kerasnya olahraga ini, dibutuhkan tingkat sportivitas yang tinggi. Para pemain sadar seandainya tabrak menabrak merupakan peraturan dari permainan ini.

Kebanyakan orang Indonesia masih amat temperamen dan mungkin seandainya sekali ditabrak bisa lantas adu jotos. Toh, main bulutangkis kena shuttlecock aja bisa naik pitam.

  1. American Football

Walaupun mirip, Rugby dan American Football merupakan dua olahraga yang berbeda, lho. Pertama, berbeda dengan Rugby yang seakan bermain hampir “telanjang”, American Football justru amat melengkapi pemain dengan berbagai pelindung tubuh. Pemain sepatutnya mengenakan helm, pelindung bahu, pelindung kaki, dan mouth guard.

Kedua, jumlah pemain di satu tim American Football merupakan 11 orang meski Rugby 15 orang. Pemain sepatutnya membawa bola ke garis gawang lawan (touchdown), seandainya pemain sukses, tim akan menerima 6 skor. 1 skor tambahan akan diberikan ke tim seandainya pemain sukses menendang bola masuk ke goal post dengan jarak 15 yard, lantas sesudah touchdown.

Ketiga, pada American Football, tim sepatutnya membawa bola sejauh 10 yard dengan maksimal 4 kesempatan (down), dan seandainya tim gagal, bola akan secara otomatis diserahkan ke tim lawan. Apabila tim sukses maju 10 yard, hitungan down akan kembali ke 0 dan tim sepatutnya lanjut membawa bola ke 10 yard selanjutnya.

Layak namanya, American Football merupakan olahraga nomor satu di Amerika Serikat, tetapi sama sekali nggak populer di Indonesia. Alasan utama bisa disebabkan terbatasnya kelengkapan seragam American Football yang bisa diperoleh masyarakat.

Tanpa kostum komplit dan lapangan yang memadai, kayanya serem deh ditabrak sana sini dan berjatuh-jatuhan di atas tanah atau semen.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *