Olahraga Jenis Atletik: Sejarah, Jenis, dan Manfaatnya

Cabang olahraga atletik adalah olahraga tertua di dunia. Gerakannya terdiri dari empat gerakan dasar manusia adalah berjalan, berlari, melompat, dan melempar. Bermacam macam olahraga yang kita kenal ketika ini adalah macam kombinasi dari keempatnya, tak salah jikalau atletik dianggap sebagai ibu dari segala olahraga.Berikut sejarah, macam, hingga manfaat atletik seperti dikutip dari britannica.com dan staffnew.uny.ac.id.

  1. Sejarah Olahraga Atletik Pertama di Irlandia pada 1829 SM

Pertandingan atletik pertama yang tercatat adalah Tailteann Games di Irlandia pada  1829 SM. Persaingan dalam format olimpiade terlaksana pertama kali pada 776 SM di Yunani. Di tempat yang sama, pada 1896 olimpiade modern pertama kali dilaksanakan.Praktik atletik yang kita kenal ketika ini bermula dari Inggris semenjak 1817. Klasifikasi-klasifikasi atletik terbentuk, malahan mengadakan persaingan antar-sesama. Dari sinilah atletik berkembang, dan mendunia lewat perhelatan Olimpiade.

  1. Sejarah Atletik di Indonesia semenjak era pendudukan Jepang

Dibawa Belanda pada 1930, atletik menjadi hal yang joker123 gaming eksklusif bagi penduduk kota besar, terutamanya si kecil sekolah dan militer di Indonesia. Keterbatasan akses dikarenakan fungsi utama atletik adalah untuk perlengkapan pendidikan pembinaan kebugaran jasmani, bukan prestasi.Kesibukan ini mulai berkembang ketika zaman kependudukan Jepang pada 1942-1945. Pemerintah Jepang mewajibkan segala entitas terpelajar (pegawai, pelajar, dan mahasiswa) untuk senam pagi mencontoh radio Jepang bernama “Taiso”. Kesibukan ini mulai mendapatkan perhatian yang mumpuni, terlihat dari laga atletik untuk kalangan pelajar dan mahasiswa secara rutin.

  1. Klasifikasi Olahraga Atletik

Atletik adalah kombinasi dari gerakan jalan, lari, lompat, dan lempar. Olahraga ini dilaksanakan dalam ruangan ataupun luar ruangan. Jumlah pemain dilaksanakan perseorangan kecuali lari estafet yang dilaksanakan empat orang. Jenis klasifikasi olahraga atletik antara lain:Lari : Lanjutkan membaca tulisan di bawah Editor’s picks Beban Berat Menanti Shin Tae Yong di Bulan September5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Klub Besar EPL5 Pemain yang Pernah Hijrah dari Real Madrid ke PSG, Asensio Terbaru Lari jarak pendek (sprint) Lari sambung (estafet) Lari gawang (hurdles) Lompat : Lompat tinggi (high jump) Lompat jauh (long jump) Lompat jangkit (triple jump) Lompat tinggi galah (pole vault) Lempar : Tolak peluru (shot put) Lempar lembing (javelin throw) Lempar cakram (discus throw) Lontar Martil (hammer throw).

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *