Bukan Cuma Olahraga, Lakukan 3 Gerakan Ini untuk Jaga Kesehatan

Aktif bergerak berpotensi hidup lebih lama dan jauh dari masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, serta kanker.

Sayangnya, dikutip dari data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), hanya separuh orang dewasa di dunia yang melakukan aktivitas fisik dengan cukup.
Padahal, satu dari setiap dua orang dewasa ternyata hidup dengan penyakit kronis yang mematikan.

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology pada 2023 menyatakan, aktivitas fisik berupa jalan slot depo 5k qris kaki 2.300 langkah sehari diyakini dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.
Tak hanya itu, ada tiga gerakan lain yang dapat dilakukan setiap hari untuk membuat tubuh lebih bugar dan sehat.

Tiga gerakan menyehatkan tubuh
Pelatih pribadi dari San Francisco, AS Melissa Boyd menyebutkan, terdapat tiga jenis gerakan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

1. Gerakan aktivitas sehari-hari

Dikutip dari, aktivitas sehari-hari dapat menjadi salah satu gerakan yang memengaruhi kebugaran tubuh. “Pertama, gerakan yang harus atau dibutuhkan tubuh Anda setiap hari, seperti berjalan, meregangkan tubuh, dan membungkuk,” tutur dia. Saat berjalan, meregangkan tubuh atau membungkuk akan membuat otot dan tendon pada tubuh bergerak.

Namun, aktivitas tersebut lebih baik jika dilakukan ke semua arah, seperti membungkuk ke depan atau belakang tubuh.
Tak perlu meluangkan waktu khusus, peregangan menjadi aktivitas yang sangat mudah dilakukan, khususnya saat bangun atau sebelum tidur.
Peregangan membuat otot-otot tubuh menjadi kendur dan lentur, sehingga membuat seseorang akan memiliki lebih banyak keseimbangan dan stabilitas.
Kondisi itu dapat mencegah jatuh dan cedera. Peregangan juga dapat meningkatkan detak jantung sehingga baik untuk kesehatan jantung.

2. Gerakan atletik

Aktivitas sehari-hari memang dapat menyehatkan tubuh. Namun, perlu diikuti dengan gerakan atletik atau olahraga sesungguhnya.

Gerakan atletik dapat dilakukan beberapa kali dalam seminggu untuk meningkatkan kebugaran atau melatih suatu jenis cabang olahraga.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *