Hoaks yang Beredar Dalam Sepekan, dari Tentang Kesehatan sampai Pemilu

Media sosial tempat beredar berjenis-jenis isu. Melainkan tak semuanya dapat diandalkan, sebab terkadang isu yang disebar tersebut yaitu hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap berjenis-jenis hoaks yang beredar di tengah masyarakat, sesudah melaksanakan penelusuran pada sejumlah isu di media sosial.

Berikut kumpulan hoaks terkini yang beredar di media sosial.

  1. Air Kelapa Muda Bakar Dapat Menghancurkan Batu Ginjal

Klaim mengonsumi air kelapa muda bakar dapat menghancurkan batu ginjal beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 Maret 2024.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi seseorang yang tengah menyajikan kelapa muda bakar untuk dikonsumsi. Dalam video terdapat juga narasi bahwa air kelapa muda bakar diklaim dapat menghancurkan batu ginjal.

\\”Solusi untuk menghancurkan batu ginjal secara natural. Dengan rutin minum air kelapa muda bakar dapat menghancurkan batu ginjal. Batu ginjal dapat keluar dari tubuh secara natural. Semoga berguna,\\” demikian narasi dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.900 kali dibagikan dan memperoleh 205 komentar dari warganet.

Benarkah mengonsumi air kelapa muda bakar dapat menghancurkan batu ginjal? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini…..

  1. Video TKA China Hakimi Penduduk Lokal di Morowali

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video mahjong slot TKA asal China menghakimi penduduk lokal di Morowali, isu tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 29 Februari 2024.

Klaim video TKA China menghakimi penduduk lokal di Morowali menonjolkan seorang mengenakan baju biru sedang tersungkur, kemudian ada sejumlah orang memberikan pukulan dan tendang ke orang yang tersungkur tersebut.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

\\”Di MOROWALI ,,, TKA asal CINA mulai berani menghakimi penduduk lokal sampai parah ,,, Mohon Viralkan ke semua group , pemerintah seharusnya bertanggung jawab dlm masalah ini , blm apa2 mereka disini sdh berani menganiaya bangsa Indonesia ini sdh keterlaluan jika tdk secepatnya ditindak tambah sadis mereka sama bangsa kita , TLNG VIRALKAN\\”

Benarkah klaim video TKA asal China menghakimi penduduk lokal di Morowali? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini….

  1. Wilayah NTT Dilanda Badai pada 12 Maret 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda badai pada 12 Maret 2024, isu tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 Maret 2024.

Klaim wilayah NTT dilanda badai pada 12 Maret 2024 menonjolkan tangkapan layar peta perkiraan cuaca yang menonjolkan sebagian wilayah NTT, di antaranya Larantuka, Kupang, Dikesar, Tube, Solju dan Pante Macas.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

\\”Syalom semua 🙏hati hati yahhh teman teman mulai esok hari badai akan datang, puncaknya tgl 12 kecepatan angin sepertinya sama seperti tahun 2021. Mari kita berdoa semoga dijauhkan dr petaka. Amin 🙏🙏\\”

Benarkah wilayah NTT dilanda badai pada 12 Maret 2024 ? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini…..

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *