Semua Alat Olahraga Ini Berbentuk Bola, Apa Bedanya?

Ada banyak alat-alat olahraga yang bersifat bola, tetapi kami tahu bahwa bola-bola ini digunakan di beragam tipe olahraga yang berbeda walau seluruhnya merupakan permainan bola besar. Dengan ukuran yang nyaris serupa yakni bola-bola besar, mereka ini ternyata membawa ukuran dan ciri yang bermacam-macam, lho!

Sebelum itu, jenis-jenis bola yang ada di olahraga secara umum sebenarnya ada bermacam-macam. Dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Bola bersama dengan ukuran kecil sanggup kami lihat pada permainan tenis, golf, tenis meja, dan lainnya. Sedangkan, bola bersama dengan ukuran besar biasa kami lihat pada sepak bola, bola voli, bola basket, futsal, dan sebagainya.

Telkomsel telah merangkum beragam perbedaan bola besar parlay bola yang dimainkan sebagai alat olahraga di 4 (empat) olahraga yang berbeda. Berikut ini perbedaan tipe bola yang dimainkan pada sepak bola, bola voli, bola basket, dan futsal:

Sepak bola
Permainan bola besar sepak bola adalah olahraga yang terkenal di semua dunia. Menurut web site Katadata yang melansir data dari WorldAtlas di th. 2020, sepak bola mempunyai kuantitas pecinta hingga capai 4 miliar orang dan menjadi olahraga yang paling terkenal di semua dunia.

Bola dalam permainan sepak bola mempunyai ukuran biasanya 68 hingga 71 cm. Berat dari bola dalam sepak bola itu sendiri yakni sebesar 390-430 gram. Sedangkan, berat bola dalam permainan sepak bola yang cocok standar FIFA yakni 410 hingga 450 gram. Sedangkan, tekanan hawa pada sebuah bola sepak cocok keputusan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) mesti capai 1 satuan atmosfer (atm) atau lebih kurang 14,7 psi.

Bola voli
Menurut regulasi formal dari Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), bola voli mempunyai diameter 65 cm hingga 67 cm. Berat bola voli capai 260 hingga 280 gram bersama dengan tekanan hawa dalam bola voli mesti capai 0,30 hingga 0,325 kilogram per sentimeter persegi atau lebih kurang 4,26 hingga 4,61 psi. Perbedaan ukuran bola voli dan bola untuk sepak bola tidak benar-benar jauh, tetapi berat bola voli dan sepak bola benar-benar jauh berbeda. Inilah yang membedakan bola voli dan sepak bola. Selain itu, corak pada bola voli dibuat mempunyai gabungan warna terang.

Bola basket
Basket adalah permainan bola besar bersama dengan langkah menggiring bola hingga hingga ke dekat tempat lawan baru kemudian mencetak gol ke keranjang mempunyai lawan untuk memperoleh skor. Bola yang enteng untuk dipantulkan dibutuhkan pada tipe olahraga ini.

Menurut Federasi Bola Basket Dunia (FIBA) yang dilansir di sebuah artikel Kompas, berat bola basket untuk pria dewasa adalah 580 hingga 620 gram bersama dengan kelilingnya 75 hingga 77 cm. Ada pula ukuran-ukuran yang sesuai bersama dengan kategori pengguna: pria dewasa, wanita dewasa, mini basketball, dan mini basketball yang lebih ringan.

Bahan bola basket umumnya terbuat dari 3 tipe bahan dasar, yakni kulit asli, kulit sintetis, dan karet. Bola basket berbahan karet umumnya digunakan di luar ruangan (outdoor), tetapi bola basket berbahan kulit asli digunakan untuk pertandingan formal dalam ruangan (indoor).

Futsal
Olahraga yang satu ini saking miripnya bersama dengan sepak bola hingga menyebabkan banyak orang tidak tahu perbedaannya. Sebelum kami tahu perbedaan bola yang dipakai di 2 (dua) olahraga tersebut, apa perbedaan futsal dan sepak bola itu sendiri?

Menurut sportstars, futsal dan sepak bola mempunyai perbedaan pada ukuran lapangan, kuantitas pemain, kala permainan, keputusan off-side, dan perubahan pemain. Untuk satu tim sepak bola, dibutuhkan 11 orang, tetapi tim futsal terdiri dari 5 orang. Ukuran lapangan futsal termasuk nyaris 3x lebih kecil dibandingkan lapangan sepak bola.

Ukuran bola yang dimainkan pada sepak bola dan futsal termasuk berbeda. Menurut buku Mengenal Olahraga Futsal terbitan 2012 karya Maryati yang dikutip pada artikel Kompas, diameter bola futsal berukuran 62 hingga 64 cm, lebih kecil dibanding bola sepak yang berukuran 68 hingga 71 cm. Terlihat perbedaannya, kan?

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *