BMKG Ingatkan 10 Tempat di Sulut Waspada Pengaruh Hujan Lebat

Sementara itu, hampir beberapa besar wilayah Sulut dilanda hujan deras. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Ada 10 dari 15 kabupaten dan kota di Sulut yang diterjang cuaca ekstrem.

\\”BMKG merilis prakiraan berbasis akibat hujan lebat wilayah Sulut hingga 9 Maret 2024,\\” kata Ben A Molle dari BMKG Manado pada, Kamis 7 Maret 2024.

Ben mengatakan, 10 daerah kabupaten dan kota link sbobet yang mewaspadai akibat hujan lebat merupakan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kota Kotamobagu.

Selanjutnya Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Manado.

\\”Pengaruh yang dapat dimunculkan dari hujan lebat merupakan jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau abrasi tanah dalam skala menengah,\\” sebut Ben.

Pengaruh lainnya, volume aliran sungai meningkat/banjir serta aliran banjir membahayakan dan mengganggu kesibukan masyarakat dalam skala menengah.

Ia mengatakan, dalam situasi tersebut ada beberapa hal yang dapat dijalankan masyarakat supaya terhindar dari akibat tersebut. Untuk itu, berhati-hati apabila beraktivitas di luar rumah serta memperbarui kabar melewati media massa maupun media sosial.

\\”Langkah berikutnya, mencari kabar melewati pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah apabila tidak mendesak serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan,\\” ujarnya memungkasi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *