Ampuh dan Aman, Ini 5 Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit adalah keadaan yang disebabkan oleh penumpukan lemak. Lambat-laun, masalah tersebut tingkatkan risiko penyakit kronis, layaknya diabetes dan sakit jantung.

olahraga

Risikonya perut buncit lebih rentan dialami https://christmaswishesgifts.com/ oleh pria berusia di atas 40 tahun akibat penurunan persentase hormon testosteron. Kondisi tersebut sebabkan lemak lebih mudah tersimpan dan menumpuk di area perut.

Ada sebagian gerakan olahraga mengecilkan perut buncit. Aktivitas ini mampu dikerjakan bersama burpees, mountain climbers, turkish get-up, medicine ball burpees, side to side medicine ball slams, dan overhead medicine ball slams.

Gerakan Apa yang Bisa Mengecilkan Perut?

Gerakan yang mampu dikerjakan untuk menghilangkan lemak penyebab perut buncit, meliputi:

1. Burpees

Burpees adalah gerakan untuk melatih otot dada, bahu, trisep, dan paha depan. Aktivitas ini melihatkan gerakan pliometrik yang sebabkan jantung bekerja lebih aktif di dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Sebagai anggota dari olahraga intermiten intensitas tinggi, burpees mampu mengecilkan perut. Mengapa demikian? Menurut jurnal ilmiah berjudul High-Intensity Intermittent Exercise and Fat Loss yang dipublikasikan oleh International Journal of Obesity, olahraga intermiten intensitas tinggi berfungsi untuk membakar lemak perut.

Secara masif, kegiatan ini terhitung mampu menurunkan resistensi insulin dan membuahkan sejumlah adaptasi otot rangka yang membuahkan peningkatan oksidasi lemak otot rangka dan peningkatan toleransi glukosa.

Bagaimana cara laksanakan burpees? Pertama-tama, berdiri bersama kaki selebar bahu. Turunkan tubuh bersama gerakan membungkuk dan pinggul ke belakang layaknya menungging.

Dalam posisi nyaris jongkok, kemudian lompat setinggi-tingginya. Posisikan tangan lurus ke dua sisi tubuh. Setelah melompat, tumpu berat badan bersama tumit. Sekilas burpees sama bersama jumping jack. Ketahu perbedaannya di artikel Panduan Gerakan Jumping Jack yang Benar dan Aman.

2. Mountain climbers

Pertama-tama, posisikan tubuh layaknya push up. Lalu, tekuk tidak benar satu lutut ke anggota dada bergiliran bersama sisi lutut lainnya. Kencangkan otot perut waktu laksanakan gerakan tersebut.

Selain bersama olahraga,kamu terhitung mampu menerapkan pola diet tertentu, layaknya diet intermitten fasting. Nah, Ini Dokter Gizi yang Bisa Beri informasi Seputar Intermittent Fasting.

3. Turkish get-up

Olahraga mengecilkan perut buncit ini memerlukan alat bantu berwujud kettlebell. Pertama-tama, posisikan tubuh berbaring miring ke kiri, bersama tangan kanan memegang alat. Kemudian, perlahan luruskan tangan kiri membentuk sudut 45 derajat. Angkat tangan kanan ke atas.

4. Medicine ball burpees

Medicine ball burpees adalah gerakan olahraga mengecilkan perut buncit yang memerlukan pertolongan alat berwujud bola. Latihan ini efisien tingkatkan laju metabolisme tubuh.

Caranya, berdiri bersama jarak kaki selebar bahu dan pegang bola bersama kedua tangan di depan dada. Rentangkan bola ke atas kepala, lantas banting bola ke tanah sekuat tenaga bersama posisi membungkuk.

5. Side to side medicine ball slams

Sama layaknya poin sebelumnya, gerakan ini memerlukan bola sebagai alat bantunya. Pertama-tama, berdiri bersama jarak kaki selebar bahu dan pegang bola bersama kedua tangan di depan dada.

Kemudian, lemparkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan bersama posisi tubuh dan kaki sedikit memutar ke kanan. Lakukan cara yang sama untuk melempar bola ke sisi tubuh yang lainnya.

Sudah memahami tentang kebugaran jasmani dan manfaatnya untuk kesehatan? Baca selengkapnya di artikel ini: “Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk Latihan, dan Manfaatnya“.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *