Daftar Juara Dunia Catur Sepanjang Sejarah, Siapakah ia Sang Juara ?

Daftar Juara Dunia Catur Sepanjang Sejarah, Siapakah ia Sang Juara ?

Juara Dunia Catur, gelar yang paling prestisius di dalam dunia catur, telah jadi bukti kecemerlangan dan dominasi di dalam permainan yang penuh taktik ini.

Setiap Juara Dunia Catur menciptakan peristiwa dengan trik brilian, ketajaman pikiran, dan kehebatan catur yang tak tertandingi.

1. Magnus Carlsen

Pecatur yang saat ini memegang gelar Juara Dunia Catur adalah Magnus Carlsen, seorang pemain yang terasa memenangkan turnamen sejak umur 13 tahun. Hanya berasal dari satu} bulan sesudah itu, dia diakui sebagai grandmaster catur. Dua tahun kemudian, dia berhasil menggapai gelar kejuaraan pertamanya.

Pada umur 19 tahun, dia menggapai peringkat tertinggi di FIDE, jadi pemain catur termuda yang berhasil melakukannya. Carlsen juga jadi orang pertama judi bola terpercaya yang memegang tiga gelar kejuaraan dunia secara bersamaan. Selain jadi Juara Dunia Catur, dia juga menggapai gelar Juara Dunia Catur Cepat dan Juara Dunia Catur Blitz.

Sebagai seorang pemain catur muda, dia tenar dikarenakan style permainannya yang agresif. Namun, seiring pertambahan pengalaman, dia terasa memanfaatkan bermacam trik permulaan.

2. Vladimir Kramnik

Dengan style bermain yang mirip dengan Anatoly Karpov, Kramnik mengadopsi pendekatan pragmatis di dalam permainan catur. Kramnik condong bermain dengan style yang tenang, sebabkan lawan-lawannya sulit memprediksi langkah selanjutnya.

Keterampilannya yang luar biasa di dalam membingungkan lawan ini apalagi membuatnya mencatatkan 80 pertandingan berturut-turut tanpa kalah. Pada tahun 2000, selama pertandingan Kejuaraan Dunia, dia apalagi berhasil mengalahkan pemain selanjutnya yang masuk di dalam daftar peringkat dunia.

Meskipun keahliannya terutama terletak terhadap fase endgame permainan, sesudah pensiun dia juga beri tambahan kontribusi besar di dalam pengembangan teori awal permainan catur.

3. Garry Kasparov

Pemain catur yang luar biasa ini telah menggapai banyak gelar, kemenangan, dan rekor kejuaraan. Setelah terjadi perselisihan dengan FIDE terhadap tahun 1993, Kasparov memastikan untuk menengahi diri dan mendirikan organisasi catur sendiri yang dikenal sebagai Asosiasi Catur Profesional.

Namun, usaha ini tidak bertahan lama, dikarenakan organisasi berikut hanya beroperasi selama kurang lebih tiga tahun. Setelah itu, dia terlibat di dalam serangkaian enam pertandingan melawan pc IBM Deep Blue, yang terhadap pada akhirnya dia kalah.

Dalam perihal ini, Kasparov mencatat penghargaan lain: dia jadi pemain catur juara dunia pertama yang dikalahkan oleh komputer.

4. Viswanathan Anand

Pada tahun 1988, FIDE secara resmi mengakui Anand sebagai grandmaster, menjadikannya orang India pertama yang menggapai gelar tersebut. Pada tahun 1991–1992, Anand mencatat prestasi sebagai orang pertama yang memenangkan penghargaan Rajiv Gandhi Khel Ratna. Dia juga jadi tokoh olahraga pertama yang menerima penghargaan sipil tertinggi ke dua di India.

Baca Juga : 5 Petenis Putra Terhebat Sepanjang Masa

Di masa kecilnya, dia dikenal sebagai Anak Petir. Anand menggapai kemenangan di dalam dua kejuaraan catur cepat dan bermacam macam lannya di dalam berasal dari satu} acara blitz. Banyak yang menganggapnya sebagai pemain catur cepat paling baik terhadap masanya.

5. Bobby Fischer

Dalam usaha menjadikan catur menarik bagi khalayak luas, Fischer menggapai kemenangan yang membuatnya dijuluki Game of the Century saat berusia 13 tahun. Setahun setelahnya, dia mencatat prestasi sebagai grandmaster catur termuda di Amerika Serikat. Setahun berikutnya, dia jadi penantang termuda di dalam Kejuaraan Dunia dan jadi grandmaster catur termuda selama sejarah.

Namun, terhadap tahun 1970 di puncak popularitasnya, sikap Bobby Fischer yang makin tidak stabil dan keras kepala membuatnya kehilangan gelar juara dunia. Kasparov berpendapat bahwa gelar berikut terlepas dikarenakan Fischer mundur dari pertandingan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *